Header Ads

test

Apa itu Introvert dan Extrovert?


Pasti banyak dari kalian disosial media ataupun di dunia nyata yang bertemu dengan orang yang mengaku introvert. Sebenarnya itu apa sih?, Disini Calon Doktor akan menjelaskan Introvert dan lawan dari introvert.

Apa itu Introvert?

Introvert adalah orang yang lebih suka berpikir dan bekerja sendiri, Ini bukan berarti dia sombong atau arogan tetapi mereka lebih senang dan damai ketika sendiri. Berbeda dengan ekstrovert yang lebih aktif dan lebih suka keramaian introvert selalu berpikir dengan setiap langkahnya yang diambil, Contoh:

A. Aku ingin menemui guru untuk bertanya soal yang tidak kupahami.
Didalam Pikiran: Apakah aku akan menganggu guru itu ketika aku bertanya?. Apakah aku harus berusaha lebih keras lagi untuk menemukan jawaban ini?. Sepertinya aku harus berusaha sedikit lagi jika memang tidak bisa maka aku akan melihat guru tersebut terlebih dahulu dan melihat apakah dia sedang luang atau sibuk agar dia tidak terganggu.

Contoh diatas menggambarkan bahwa introvert adalah pemikir, Mereka memikirkan dahulu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah, Mungkin dari luar mereka terlihat aneh terlihat seperti pelamun yang bodoh dan hanya diam saja tetapi mereka bukan melamun tetapi mereka sedang berpikir.

Apa Bedanya Introvert dan Ekstrovert?

Introvert: 
1. Lebih banyak diam dan tidak suka basa basi.
2. Tidak ingin membuang waktu, Jadi ketika ada waktu luang mereka akan melakukan sesuatu yang menguntungkan, Contoh: Membaca Buku, Menggambar, Menulis Novel, Tidur, Atau apa saja itu.
3. Lebih suka bekerja sendiri, Kenapa? Karena menurut mereka Bekerja Sama pasti akan menimbulkan per'bedaan pendapat yang menyebabkan saling membenci (Didalam Hati masing").

Ekstrovert: 
1. Lebih Aktif dan senang dikeramaian.
2. Lebih Suka bermain bersama ketika ada waktu luang.
3. Lebih suka Bekerja sama karena mereka tidak memikirkan akan ada per'bedaan pendapat kedepannya dan mereka lebih suka bertindak dahulu lalu berpikir dibelakang.


Kelebihan dan Kekurangan Introvert dan Ekstrovert

Kelebihan Introvert:
1. Memikirkan apa yang akan dilakukan
2. Memanfaatkan waktu dengan baik walau hanya tidur (Tidur adalah obat terbaik untuk memulihkan energi yang telah terkuras)
3. Mempunyai prinsip sendiri dan tidak mudah terpengaruh orang lain
4. Mempunyai 1 atau lebih keahlian khusus yang diatas rata"
5. Baik dalam menghindari masalah

Kekurangan Introvert:
1. Dipandang Arogan dan Sombong
2. Dipandang Anti Sosial
3. Dipandang Aneh
4. Sebagian Introvert tidak begitu pandai dalam bersosial


Kelebihan Ekstrovert:
1. Mempunyai banyak teman dan koneksi
2. Dipandang positif oleh siapapun karena mudah bergaul
3. Menguasai banyak keahlian umum.
4. Kebanyakan Fisik mereka lebih sehat dari introvert

Kekurangan Ekstrovert:
1. Bertindak dahulu berpikir kemudian.
2. Mengutamakan perasaan senang.
3. Mudah terpengaruh hal positif maupun negatif
4. Emosi yang tidak stabil
5. Tidak punya keahlian khusus


Pesan Admin
Mau itu introvert atau ekstrovert kita semua pasti memiliki sisi positif dan negatif jangan terpengaruh orang lain untuk merubah kepribadian anda, Keputusan ada ditangan anda memilih untuk berubah atau berpegang teguh pada pendirian.


2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.