Header Ads

test

Bagian-Bagian Motherboard dan Fungsinya


Motherboard atau Mainboard adalah Induk tempat hardware lain saling terhubung atau bisa disebut juga pusat penghubung dari semua perangkat keras pada PC.
Ini adalah pelajaran yang wajib bagi seseorang yang menekuni bidang IT karena dengan tau fungsi masing" yang ada pada motherboard kalian akan dengan mudah untuk mencopot dan memasang tanpa kesalahan.
 Nah oleh karena itu saya pun tidak luput untuk membagikan ilmu ini kepada kalian semua.



01. Socket Processor atau CPU Socket


Digunakan untuk tempat processor di instal, Ada 2 Jenis processor yang ada yaitu Socket LIF dan Socket ZIF. LIF adalah singkatan dari Low Insertion Force tetapi ini adalah model lama dan ZIF adalah Zero Insertion Force ini yang model terbaru.



02. Baterai CMOS


CMOS adalah baterai yang hanya memiliki kapasitas sedikit digunakan untuk menyimpan cache berupa settingan, Tanggal, Waktu, dll pada komputer. CMOS berguna agar kita tidak selalu mensetting setiap kali dinyalakan



03. North Bridge


North Bridge berguna sebagai titik fokus dari motherboard, dan disebut juga dengan memory controller hub. North bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP. Tempatnya tidak jauh dari Socket processor



04. RAM SLOT / Memori SLOT


RAM SLOT berfungsi sebagai tempat kartu memory / RAM Card untuk dipasang.



05. BIOS


BIOS singkatan dari Basic Input Output System. Sebuah bagian yang penting dari motherboard, Fungsi Utama BIOS adalah memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.



06. Konektor IDE / PATA


IDE singkatan dari Integrated Device Electronics. Yang mendukung perangkat ide, Seperti Harddisk / CD / CD Rom



07. Konektor SATA


Konektor SATA bisa dipanggil konektor Serial ATA. SATA singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment, Berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA



08. SLOT AGP


Fungsi Slot AGP adalah sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ada pada motherboard, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Transfer data pada slot AGP lebih cepat dibandingkan transfer data pada slot tipe PCI. Pada motherboard tipe AGP, umumnya terdapat hanya satu buah.

Fungsi utama dari Slot AGP ini adalah untuk menyalarkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuanya dapat mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama.



09. South Bridge


Artinya south bridge adalah salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain.



10. PCI SLOT


Berfungsi untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.